Scratch
Scratch adalah sebuah bahasa
pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula
(entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa
harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Bahasa pemrograman ini dibuat
oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of
Technology. Dengan Scratch, pengguna dapat membuat sendiri animasi,
permainan, karya kesenian, dan lain-lain
<https://id.wikipedia.org/wiki/Scratch_(bahasa_pemrograman)>
<https://id.wikipedia.org/wiki/Scratch_(bahasa_pemrograman)>
Pada
tutorial pertama saya membuat program pertama yang sangat sederhana yaitu
membuat karakter kucing yang bisa berjalan dengan jejak persegi lalu segitiga
(jika ingin tahu bagaimana bentuknya lihat saja video tutorialnya.
Langkah-langkah membuatnya yaitu :
- Ubah backgroundnya menjadi seperti grid agar mempermudah posisi si kucing
- Kemudian klik "go to x (?) and y (?)" untuk memindahkan posisi kucing dari koordinat yang satu ke koordinat yang lain
- Untuk memberikan jeda pada setiap perpindahan koordinat, beri perintah untuk menunggu selama 1 detik atau mungkin berapa detik
- Kemudian untuk menandai jalannya kucing beri warna hijau untuk bentuk persegi dan beri warna merah untuk tanda segitiga atau kamu bisa memakai warna yang lain
- Khusus untuk bentuk segitiga kamu dapat menggunakan perintah "Glide ... s to x=... y=..."
Pada tutorial kedua saya membuat
game dasar yang juga masih sederhana. Kali ini sya tidak menggunakan kucing
kembali, namun menggunakan roket yang jika menembakkan pelurunya ke sebuah
kupu-kupu maka akan membuat kupu-kupu itu menghilang, namun sebaliknya jika
kupu-kupu mengenai roket maka roket akan berhenti bekerja. Ingin tahu caranya?
Lihat saja videonya dan simak penjelasan berikut ini!
- Pertama hapus dulu karakter kucing yang telah tersedia dang anti dengan karakter roket
- Kemudian atur pergerakan roket. Maksudnya jika menekan tombol panah kanan akan bergeser ke kanan, menekan panah kiri akan bergeser ke kiri, menekan panah atas akan bergeser ke atas, dan menekan panah bawah akan bergeser ke bawah
- Kemudian buat karakter peluru yang dikeluarkan oleh roket
- Buat peluru agar selalu keluar dari salah satu ujung roket
- Dan jangan lupa untuk roket agar bisa berputar, dengan cara memisalkan jika menekan tombol “a” akan berputar ke kiri dan menekan tombol “s” akan berputar ke kanan
- Setelah itu buat karakter kupu-kupunya
- Buat kupu-kupu selalu jatuh dari atas, caranya deklarasikan “pick random x dari berapa sampai berapa” dan y dengan satu nilai
- Jangan lupa juga untuk membuat kupu-kupu berhenti jika menyentuh ujung roket
- Agar lebih menarik, kasih papan skor agar tahu berapa kupu-kupu yang telah ditembak
- Terkahir beri lagu agar lebih seru
Sekian dari postingan saya kali ini,
sampai jumpa kembali di postingan yang akan datang. Terima kasih sudah
berkunjung.
Mari simak videonya!
Tutorial 1
Tutorial 2
Komentar
Posting Komentar